Mesin CNC Milling (Frais) : Pengertian, Cara Kerja & Harga

Hampir setiap pabrik di seluruh Indonesia mengandalkan suatu mesin yang hebat dan handal, yakni Mesin CNC Milling (Frais). Mesin canggih ini menggunakan berbagai alat potong di setiap sumbunya untuk menghilangkan suatu material benda atau objek kerja tertentu secara mekanis.

Lalu, apakah Kamu tahu fungsi, bagian, cara mengoperasikan, dan berapa kisaran harganya? Simak penjelasan lengkapnya!

Apa yang Dimaksud Dengan Mesin CNC Milling (Frais)?

MESIN CNC MILLING 1

Pict source: https://www.builder.id

Mesin Milling CNC adalah salah satu jenis mesin CNC yang mengandalkan program komputer dalam pengerjaannya. Artinya, pemrograman dalam komputer tersebutlah yang menjadi otak mesin. Program tersebut mengendalikan pergerakan sumbu X & Y (meja mesin) dan juga rumah cutter (spindle).

Dalam prosesnya, sistem komputer akan mengendalikan dan mengontrol mesin dengan gerak otomatis. Nantinya, program tersebut akan memberi perintah pada mesin, tepatnya meja mesin baik dalam sumbu x, sumbu y, atau rumah cutter. Maka, tugas mesin CNC milling adalah menjalankan semua langkah yang sudah diperintahkan melalui program tersebut.

Proses milling dalam mesin ini merupakan proses pengeboran serta pemotongan material suatu objek. Lalu, tahukah Kamu apa bedanya mesin ini dengan mesin pengeboran lain? Perbedaan utamanya adalah pada kemampuan memotong sudut pada sumbu yang berbeda. Poin ini akan ada penjelasan lengkapnya di poin selanjutnya.

Selain CNC Milling, juga terdapat mesin CNC lain seperti mesin CNC bubut dan mesin laser cutting.

Apa Fungsi Mesin CNC Milling (Frais)?

Mesin CNC frais/milling ini mempunyai konfigurasi sebanyak 3 hingga 6 penggerak atau axis. Mesin ini juga mempunyai fitur built-in yang mendukung aktivitas pemotongan dan pengeboran. CNC Milling (Frais) tergolong mesin yang multifungsi. Ini karena kemampuannya dalam melakukan beberapa tugas, seperti:

  • Menghaluskan
  • Meratakan permukaan objek baik yang datar atau berlekuk
  • Mengikis permukaan benda kerja

Penggunaan mesin Milling CNC dalam industri manufaktur sangat bervariasi. Misalnya:

  • penerapan dalam industri otomotif
  • Pengiriman
  • Kedirgantaraan
  • Pemompaan/pengeboran serta pemurnian minyak
  • Manufaktur FMC
  • Medis
  • Bidang rekayasa presisi

Bagian-bagian Mesin CNC Milling

Komponen mesin CNC Milling sangatlah beragam dengan fungsi yang berbeda. Berikut adalah beberapa bagian/komponen utama yang ada pada mesin tersebut:

MESIN CNC MILLING 2

Pict source: https://rupamacamnya.blogspot.com

Meja mesin

Fungsi dari meja ini yakni sebagai tempat memasang objek kerja. Mesin jenis ini dapat bergerak melalui 2 sumbu yakni sumbu X dan Y. Dalam setiap sumbu, meja mesin sudah lengkap dengan motor penggerak guide way slider, dan screw plus bearing. Biasanya, pada meja ini terdapat clamp atau ragum untuk mengikat objek dengan sangat kuat.

Spindle (Poros)

Spindle (poros) merupakan jantung mesin. Umumnya, bagian ini meliputi rotating assembly (unit pemutar) dan tapered section. Spindle memiliki fungsi tersendiri yakni sebagai tempat pemasangan tool holder (alat potong) yang berguna untuk menyayat atau memotong objek kerja.

Magasin Tool

Bagian mesin CNC Milling yang berfungsi untuk menyimpan beberapa tool adalah magasin tool. Semua tool tersebut nantinya akan berguna dalam operasi permesinan. Komponen ini mempunyai banyak slot/tempat penyimpanan tool, yakni sekitar 8 hingga 24 slot. Jumlah tersebut tergantung pada jenis mesin CNC.

Monitor

Bagian ini terdapat pada bagian depan mesin CNC milling (Frais). Monitor akan menampilkan semua data mesin seperti setting parameter, pesan error, posisi koordinat benda, dan masih banyak lagi.

Panel Control

Komponen ini merupakan kumpulan beberapa tombol panel yang ada pada mesin bagian depan. Fungsi dari panel control adalah untuk memberi beberapa perintah khusus terhadap mesin. Misalnya perintah untuk menggerakkan meja, mengubah setting parameter, memutar spindle, dan lainnya. Yang pasti, CNC setter harus benar-benar memahami semua tombol tersebut.

Coolant Hose

Coolant Hose merupakan pelengkap mesin yang berfungsi sebagai pendingin objek kerja dan cutter. Umumnya, orang-orang akan menggunakan udara bertekanan dan air coolant lewat sebuah selang yang pemasanganya terletak pada blok spindle.

Itulah ke-enam bagian yang wajib Kamu pelajari sebelum beralih ke bab selanjutnya.

Baca Juga: Pengertian Mesin Bubut : Fungsi, Jenis, Bagian, Cara Kerja dan Harga

Bagaimana Cara Mengoperasikan Mesin CNC Milling (Frais)?

Mesin ini menerapkan prinsip umum dalam menjalankan proses pabrikasi. Salah satu bagian mesin ini akan mencekam objek kerja yang sudah siap berada di atas meja mesin. Fixture atau vice (ragum) dapat mencekam benda tersebut di atas meja langsung atau menahannya di tempat terlebih dahulu.

Lalu, posisi spindle/poros (bagian mesin CNC Milling yang bergerak) dan juga alat potong bisa diubah secara horizontal atau vertikal. In this case, alat tersebut akan mencapai posisi apapun baik X, Y, atau Z pada objek kerja dan mulai melakukan proses pemotongan & pembentukan.

Pada saat proses tersebut berlangsung, alat potong dapat memposisikan, memasang, atau memindahkan objek pada meja kerja dari arah linier ke poros/spindle. Dalam hal ini, alat potong tersebut bisa saja memotong atau menyingkirkan material objek tersebut sesuai dengan rancangan desain yang diharapkan.

Lalu, bagaimana cara mengoperasikannya? Ada dua langkah standar dalam mengoperasikan mesin CNC Milling, yaitu:

Menghidupkan mesin

  1. Pastikan bahwa Kamu telah menghubungkan mesin CNC dengan arus listrik.
  2. Ubah posisi saklar utama dari off ke on
  3. Sebagai antisipasi, aktifkan emergency stop
  4. Hidupkan mesin dengan menekan tombol on

Mematikan Mesin

  1. Pastikan sumbu Axis dalam kondisi 0 dengan menekan tombol ZRN. Tujuannya adalah agar saat mesin dinyalakan lagi, program bisa berjalan lancar dan baik. Namun, ada kalanya sumbu Axis secara otomatis kembali ke kondisi 0 setelah semua program selesai. Ini berlaku jika posisi mesin tersebut adalah auto return.
  2. Selanjutnya, tekanlah emergency stop dan lanjut tekan off. Ubah posisi saklar menjadi off begitu juga dengan MCB.

Well, langkah di atas adalah cara standar dalam mengoperasikan mesin CNC Milling.

Harga Mesin Milling

Saat ini, sudah banyak beredar jenis mesin CNC milling begitupun harganya yang cukup bervariasi.  Untuk mendapatkan mesin CNC milling yang berukuran kecil dengan dimensi sekitar 450×400×450 mm, Kamu membutuhkan budget sekitar 13 juta rupiah. Sedangkan mesin dengan ukuran jumbo, harganya mencapai 294 juta rupiah. Tergolong mahal memang, tapi Kamu bisa menggunakannya untuk memproduksi beragam benda.

Apakah ada lagi? Ya, ada pula mesin CNC berukuran sedang. Mesin ini umumnya dipakai untuk pembuatan plakat, lencana, hingga tag elektrik. Tentu saja harganya lebih tinggi dari mesin milling CNC mini, yaitu mencapai 27 juta rupiah.

Untuk informasi tambahan, perbedaan harga mesin CNC milling itu tergantung pada kompleksitas atau komponen mesin. Berikut adalah poin-poin yang menentukan tinggi rendahnya harga mesin:

  1. Aplikasi atau standar mesin
  2. Jumlah sumbu yang ada pada mesin
  3. Ukuran mesin (Pastikan untuk memilih sesuai dengan objek)
  4. Ada tidaknya penukar pallet
  5. Kecepatan RPM dan kekuatan spindle (poros)
  6. Tujuan pengerjaan:
  7. Untuk objek dengan material/bahan apa?
  8. Berapa presisi yang hendak dicapai?
  9. Kebutuhan sistem kontrol, ukuran, dan CTS
  10. Untuk pengerjaan massal atau pemesinan custom?

Gambar Mesin CNC Milling

GAMBARAN MESIN CNC MILLING

Pict source: https://slideplayer.info

Gambar pertama ini merupakan gambar skematis dari sebuah mesin CNC Milling (Frais) yang menampilkan beberapa bagian utamanya, seperti magazine tool, panel kontrol, ragum, spindel, dan juga meja mesin.

KOMPONEN MESIN CNC MILLING

Pict source: https://hwacheonasia.com

Selanjutnya adalah gambar yang menampilkan komponen utama mesin CNC Milling (struktur tipe C). Dalam gambar tersebut sudah dilengkapi dengan detail potongan gambar sesuai dengan nama komponennya. 

MESIN CNC MILLING 3

Pict source: https://hwacheonasia.com

Gambar tersebut menampilkan bagaimana sebuah mesin CNC Frais mencekam objek kerja yang terdapat pada meja mesin. Terlihat sekali bahwa pencekaman tersebut tergolong kuat.

POROS MESIN CNC MILLING

Pict source: https://rupamacamnya.blogspot.com

Tahukah Kamu gambar apa ini? Ini adalah gambar penggerak utama poros atau spindel yang ada pada mesin CNC Milling.

Well, itulah penjelasan lengkap mengenai mesin CNC Milling (Frais). Yang pasti, Kamu harus menyesuaikan dengan kebutuhan saat hendak membelinya agar tidak kecewa di kemudian hari.

Leave a Comment