Mesin CNC : Pengertian, Cara Kerja, Jenis, Bagian, dan Manfaat

Dalam perkembangan dunia industri di era ini, penggunaan alat tentu menjadi komponen utama. Kenapa? Kamu tentu mengerti bahwa semua akan terasa menguntungkan jika alat tersebut sesuai dengan harapan dan kebutuhan. Maka, tak salah jika industri pun mementingkan adanya ketepatan alat.

Pernahkah Kamu mendengar tentang mesin CNC? Ya, ini adalah alat yang paling digandrungi dalam bidang manufaktur.

MESIN CNC 1

So, bagaimana cara kerja, jenis, bagian, serta manfaat dari mesin CNC? Simak penjelasan berikut!

Pengertian Mesin CNC

Mesin CNC adalah mesin yang sangat umum penggunaannya dalam dunia industri manufaktur yang dapat menghasilkan banyak komponen dalam bidang teknik dengan waktu yang cukup singkat dan tepat. sebagaimana namanya, Computer Numerical Control, mesin ini memanfaatkan sistem komputer di setiap pengerjaannya sehingga hasil produk sesuai dengan presisi.

Contoh pengerjaan sederhananya yakni dalam pembuatan baut atau sekrup tentu harus menyesuaikan dengan presisi atau paten tertentu (sesuai kebutuhan). Dengan mesin canggih ini, komputer dapat mengontrol semua device mesin dengan mudah, terutama dalam proses pengeboran juga pemotongan berbagai bahan/material objek.

Dengan begitu, benda hasil dari mesin CNC akan pas dengan presisi tertentu. yang pasti, Kamu akan mendapatkan banyak keuntungan saat membuat produk dengan mesin CNC dibandingkan dengan mesin konvensional atau manual.   

Baca Juga: Pengertian Mesin Bubut : Fungsi, Jenis, Bagian, Cara Kerja dan Harga

Cara Kerja/Prinsip Kerja Mesin CNC

Cara kerja mesin CNC tak jauh beda dengan robot. Kamu hanya butuh input program dan mesin akan bergerak secara otomatis untuk melakukan perintah dari program tersebut. Rancangan mesin CNC sudah lengkap dengan computer device yang akan membantu proses desain sebuah produk secara digital.

Selanjutnya, mesin akan membaca dan menyesuaikan desain tersebut dengan baik. Melalui pembacaan program tersebut, mesin akan menghasilkan produk sesuai rancangan. Sederhananya, mesin CNC bekerja melalui beberapa prinsip/cara, antara lain:

  1. Programmer membuat sebuah program sesuai rancangan desain sebuah produk. Kamu cukup mengetiknya ke perangkat mesin atau komputer. Namun, untuk menggunakan komputer, Kamu harus memastikan dulu kalau komputer tersebut sudah mempunyai program CNC.
  2. Lalu, processor mesin CNC akan mentransfer dan memproses program tersebut (G-Code).
  3. Motor penggerak akan mengatur/setting motor servo dan mesin CNC pun bergerak  untuk mengerjakan dan menghasilkan produk Cara Kerja Mesin CNC

Alur Proses Pemesinan CNC

MESIN CNC 2

Well, alur permesinan CNC telah berkembang dengan baik. Permesinan tersebut merupakan rangkaian proses atau alur manufaktur yang memanfaatkan kontrol terkomputerisasi. Nantinya, mesin CNC dapat mengoperasikan dan juga melakukan kegiatan manipulasi terhadap mesin serta alat potong untuk menghasilkan dan membentuk objek kerja.

Contoh objek kerja tersebut adalah benda berbahan kayu, busa, logam, plastik, dan lainnya. Mesin ini bisa menghasilkan produk apapun tergantung jenis dan proses CNC. Lalu, bagaimana alir permesinannya? Berikut adalah gambaran alur permesinan CNC secara singkat:

Mendesain CAD

Sebelum Kamu mulai menghasilkan produk dengan mesin CNC, Kamu harus mempersiapkan dulu desain computer aided design (CAD). Untuk membuatnya, Kamu bisa memanfaatkan beberapa aplikasi seperti ZW3D, AutoCAD, Catia, dan lainnya.

Merancang CAM

Setelah Kamu selesai mendesain CAD, selanjutnya adalah perancangan Computer Aided Manufacturing (CAM). Gunakan aplikasi seperti yang disebutkan di point pertama. Dalam CAM tersebut ada setting pahat, kedalaman pemakanan, kecepatan putaran mesin, dan yang lain.

Mengonversi file CAD & CAM

Selanjutnya adalah tahap simulasi dalam komputer. Ini bertujuan agar proses pengerjaan mesin tersebut lancar dan tidak ada kendala saat proses yang sesungguhnya berlangsung.

Jika sudah beres, saatnya mengonversi file CAD & CAM menjadi bahasa pemrograman (NC/Numerical Control). Seperti sebelumnya, simulasikan terlebih dahulu NC yang sudah jadi agar tak ada kendala saat proses berlangsung.

Operasi permesinan

Ini adalah tahap paling akhir. Jika semua langkah dari 1 hingga 3 sudah beres, maka mesin siap beroperasi dan menghasilkan produk.

Manfaat Mesin CNC

Dalam proses manufaktur baik langsung atau tidak, mesin CNC memiliki manfaat yang terbagi menjadi 4 berdasarkan penggunaannya. Manfaat tersebut antara lain:

Prototyping

Kecepatan mesin CNC tergolong otonom sehingga perangkat tersebut bisa langsung memproses desain prototype dengan cepat. Terkait biaya, penggunaan mesin ini cukup mahal namun kualitas hasil produk sangat bagus dan lebih unggul. Bahkan, mesin ini menghasilkan prototype yang bisa memenuhi segala standar  mengingat tak ada batasan terkait material.

Produksi

Kamu tak usah ragu akan manfaat satu ini. Umumnya, pembelian mesin ini yakni untuk kebutuhan manufaktur. Faktanya, mesin CNC mampu menghasilkan produk yang berkualitas. Kenapa? Mesin CNC sangat memperhatikan setiap detail rancangan desain suatu produk.

Rata-rata, industri besar pasti menggunakan mesin ini. Hal ini karena penggunaannya yang efisien, hemat biaya, dan waktu. Contoh barang hasil produksi mesin ini adalah mebel, marka, komponen elektronik, alat medis, dan masih banyak lagi.

Tooling

Mesin CNC pun bisa dimanfaatkan sebagai alat bantu dalam pengerjaan manufaktur tidak langsung. Contoh, dalam pencetakan injeksi, Kamu bisa menggunakan mesin ini untuk merancang plat logam atau cetakan dasar.  Lalu, cetakan tersebut akan diinjeksi melalui mesin injeksi dengan bahan/material cair. 

Manufaktur Hibrida

Maksud dari proses ini adalah menggabungkan fungsi-fungsi beberapa mesin demi terciptanya produk unggulan. Ini karena setiap mesin mempunyai fungsi khusus yang tak dimiliki mesin lainnya. Sehingga, semua mesin tersebut akan saling melengkapi dan menghasilkan produk yang jauh lebih berkualitas.

Bagian-bagian dari Mesin CNC dan Penjelasannya

Mesin CNC mempunyai beberapa bagian. Berikut adalah t bagian tang paling utama dalam mesin tersebut:

Motor Utama

Fungsi dari kotor utama adalah untuk memutar objek yang sudah berada dalam cekaman mesin CNC dengan kecepatan tertentu (fleksibel). Pada bagian ini terdapat step motor yang nantinya akan menggerakkan eretan, tepatnya mempunyai sumbu X dan Z.

Revolver

Bagian ini merupakan komponen mesin yang berfungsi untuk menjepit alat potong ketika memulai proses pemahatan. Revolver bisa berjalan secara manual atau bergantung pada program komputer yang mana penggeraknya adalah step motor.

Cekam

Seperti namanya, maka kompone mesin CNC ini merupakan alat yang berguna sebagai pencekam. Alat inilah yang akan mencekam objek kerja saat berlangsungnya proses pemahatan pada meja mesin.

Meja Mesin

Komponen ini juga termasuk komponen utama yang paling penting. Meja mesin bisa menjadi penentu apakah hasil produk tersebut baik atau justru buruk. Maka, pastikan meja ini tidak dalam keadaan aus karena jika itu terjadi, hasil potongan kurang maksimal.

Kontrol Panel (Kontrol Mesin)

Sesuai dengan namanya, bagian inilah yang menjalankan peran sebagai pengontrol dan pengendali mesin. Bagian ini memiliki beberapa tombol saklar, seperti tombol darurat, saklar utama, operasi mesin, pengatur sumbu, dan lainnya. Kontrol mesin ini juga mempunyai layar yang akan menampilkan dan mengendalikan semua proses.

Macam-macam Mesin CNC dan Fungsinya

Masin yang sangat berguna dalam kebutuhan manufaktur ini terbagi menjadi beberapa jenis. berikut adalah 5 jenis mesin CNC yang paling sering digunakan:

Mesin CNC Plasma Cutting

Jenis yang satu ini sudah sering dimanfaatkan untuk logam secara dua dimensi. Mesin ini sedikit lebih mahal namun Kamu tak membutuhkan banyak daya seperti saat menggunakan Router. Bahkan, hasilnya pun lebih unggul.

Untuk proses operasi, mesin ini memanfaatkan obor plasma. Tenaga dari obor plasma sangat tinggi. Alat ini bisa memotong suatu objek yang sangat berat sekalipun. Dibanding dengan pengelasan listrik, mesin ini lebih panas yang mencapai 5.000°C.

Mesin CNC Router

Dalam proses produksi, kebanyakan orang akan menggunakan mesin ini. Umumnya, orang akan memanfaatkan jenis mesin CNC ini dalam pengerjaan plastik, logam, atau kayu. Saat menggunakannya, sebagai operator, Kamu tak usah memanipulasi mesin. Kamu cukup masukkan programnya di mesin dan CNC Router akan berjalan dengan baik

Mesin CNC Laser

Prinsip kerja dari jenis mesin CNC laser ini menyerupai prinsip kerja Plasma Cutter. Perbedaannya terletak pada alat pemotongnya. Plasma Cutter menggunakan obor plasma, sedangkan mesin laser cutting menggunakan laser. Mesin ini tak hanya bisa memotong logam dan kayu, tetapi juga plastik.

Mesin CNC Bubut

Bubut CNC ini merupakan sebuah mesin yang mana poros pemutar atau spindle utama mencekam dan memutar part/objek kerja sedangkan alat potong mesin tersebut bergerak dalam semua axis (sumbu).

Umumnya, mesin CNC bubut dimanfaatkan dalam proses manufaktur untuk menghasilkan berbagai barang. Misalnya, memproduksi pipa dan poros. Mesin ini sangat pas untuk objek kerja yang berbentuk lingkaran/simetri  sehingga spindle dapat mencekam porosnya secara melingkar.

Sumbu pada mesin bubut CNC sama dengan sumbu yang ada pada mesin bubut konvensional. Bedanya, mesin ini punya beberapa keunggulan lain, seperti:

  1. Menghasilkan produk yang seragam mulai dari ukuran hingga bentuk.
  2. Hasil produk bisa disesuaikan (dikurangi atau diperbesar)
  3. Hasil pengukuran sangat akurat sehingga tidak perlu diperiksa berulang-ulang
  4. Menghemat waktu karena proses pabrikasi sangat cepat
  5. Biaya terjangkau

Mesin CNC Frais/Milling

Mesin Milling CNC termasuk jenis mesin yang menjadi andalan semua orang. Mesin ini hadir dengan tools built-in yang akan mendukung dengan baik setiap aktivitas pemotongan & pengeboran. Saat bahan sudah berada dalam mesin tersebut, sistem komputer akan mulai mengarahkan mesin untuk melakukan proses pemotongan serta pengeboran objek.

Mesin CNC Milling tergolong mesin yang multifungsi. Artinya, mesin ini bisa menjalankan berbagai fungsi/tugas, antara lain:

  1. Meratakan objek dengan berbagai permukaan (datar atau berlekuk)
  2. Menghaluskan objek
  3. Mengikis objek

Jenis mesin CNC ini pun mempunyai sejumlah keunggulan, diantaranya adalah:

  1. Tingkat ketelitian, ketepatan, dan keakuratan yang sangat tinggi
  2. Memiliki produktivitas tinggi
  3. Mampu menghasilkan produk yang bervariasi mulai dari bentuk sederhana hingga paling kompleks.

Well, itulah ulasan detail mengenai mesin CNC mulai dari cara kerja, jens, bagian, hingga manfaatnya. Yang pasti, mesin CNC beserta semua jenisnya memiliki keunggulan masing-masing dalam bidang manufaktur. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment